Gas Bumi Aliri Rumah Tangga di Balikpapan

0
223
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

Balikpapan, www.geoenergi.co.id – Sebanyak 3.849 Sambungan Rumah tangga (SR) jaringan gas bumi di Balikpapan, siap mengalirkan gas ke rumah-rumah warga. Pengaliran gas dimulai dari Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan, kemudian berlanjut sampai seluruh sambungan teraliri gas. Pembangunan dan pengoperasian jaringan gas bumi (jargas) untuk rumah tangga kota Balikpapan ini merupakan penugasan Pemerintah kepada PT Pertamina (Persero) dengan APBN 2016 sebesar 49,7 Miliar, berdasarkan Kepmen ESDM No.4822K/12/MEM/2015.

Saat pengaliran gas tersebut, IGN Wiratmaja bersama VP Natural Gas Pertamina Wiko Migantoro dan President Director PT Pertagas Niaga (PTGN) Linda Sunarti berkunjung ke rumah warga penerima program jargas di Balikpapan.

”Warga kini tidak perlu kuatir lagi dengan adanya kelangkaan gas. Jargas hadir di rumah-rumah warga dengan suplai kontinyu, 24 jam ada gas,” jelas Wiratmaja.

Dengan adanya jargas diharapkan dapat mengurangi impor dan subsidi LPG secara signifikan, dengan begitu tidak lagi memberatkan keuangan negara. “Tahun ini Pemerintah menganggarkan Rp 1,14 triliun untuk bisa membangun jar- gas baru di beberapa kota/ kabupaten dengan jumlah 53.000-59.000 SR,” kata Wiratmaja menambahkan.

Gas untuk jargas kota Balikpapan diperoleh dari sumur KKKS PT Chevron Indonesia Company dengan alokasi 0.5 MMSCFD. Selanjutnya, Pertamina menugaskan afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) untuk mengelola dan mengoperasikan jargas dengan bekerja sama melalui BUMD setempat.

President Director PTGN Linda Sunarti menambahkan selain penugasan yang saat ini, melalui APBN 2017 Pertamina akan membangun Jargas di Kota Pekanbaru, Samarinda, Bontang, Kabupaten Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir,dan Kabupaten Mojokerto. Pertamina menargetkan tahun 2017 ada 130.000 SR yang akan beroperasi. Selain menggunakan APBN, Pertamina juga mengembangkan jargas non APBN di Kota Jambi dan Prabumulih. “Sebagai BUMN energi, Pertamina mendukung perluasan program jargas agar masyarakat bisa men- dapatkan energi dengan kualitas yang lebih baik,”tutup Linda. (pam)

LEAVE A REPLY