PLN Listriki 3 Desa di Kotawaringin Timur

0
218
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Kotawaringin Timur, www.geoenergi.co.id – Kerja nyata PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri kembali membuahkan hasil. Bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-71 yang mengusung tema “Kerja Nyata Terangi Negeri,” PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng), melalui program Listrik Desa (Lisdes) meresmikan penyalaan listrik di tiga desa yang terletak di Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (24/10).

Tiga desa yang diresmikan adalah Desa Batu Agung, Desa Tri Buana dan Desa Bukit Indah. Jumlah pelanggan yang dinyalakan di Desa Batu Agung sebanyak 228 pelanggan, Desa Tri Buana sebanyak 101 pelanggan serta Desa Bukit Indah sebanyak 228 pelanggan, sehingga total pelanggan yang memperoleh listrik dari Lisdes ini mencapai 557 pelanggan dan akan terus bertambah seiring dibukanya permohonan penyambungan baru oleh PLN.

Bupati Kotawaringin Timur Sopian Hadi mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada PLN. Walaupun medan menuju ketiga desa tersebut sangat sulit karena akses jalan yang masih berupa tanah perbukitan, namun PLN akhirnya berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan listrik sepanjang 49 kilo meter sirkuit (kms), dimana 24 kms dibangun PLN melalui program listrik desa, sedangkan 25 kms sharing antara PLN bersama PT Unggul Lestari.

“Setelah 32 tahun ketiga desa ini berdiri, akhirnya hari ini sejarah mencatat, masyarakat Desa Batu Agung, Desa Tri Buana dan Desa Bukit Indah dapat menikmati aliran listrik. Terima kasih kepada PLN yang telah berhasil merealisasikan mimpi masyarakat di sini,” ujarnya.

Untuk menghindari berbagai gangguan yang dapat menyebabkan listrik padam, Sopian menyerukan agar masyarakat melakukan gotong royong dan turut serta membantu PLN membersihkan kawasan yang dilalui jaringan listrik dari ranting dan pepohonan. Dengan demikian jika cuaca buruk, pohon di sekitar jalur jaringan listrik tidak mengganggu aliran listrik.

Menanggapi pernyataan Bupati, Manajer Bidang Niaga PLN Kalselteng M.Aries menyampaikan terima kasih atas sinergi yang terjalin antara PLN, Pemerintah Kabupaten, Forum Komunikasi Perangkat Daerah dan semua masyarakat yang mengijinkan PLN membangun tiang listrik di depan rumah sehingga mulai hari ini listrik dapat dinikmati.

“PLN telah berinvestasi sebesar lebih dari 11 miliar. Investasi sebesar itu dikucurkan selain untuk membangun jaringan listrik juga untuk membangun Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 13 kms dan Trafo sebanyak 7 unit dengan total kapasitas mencapai 500 kilo Volt Ampere (kVA),” ujarnya.

Aries juga berterima kasih kepada Bupati yang telah berkenan untuk mengajak masyarakat turut menjaga kehandalan listrik dengan cara memangkas pohon. Menurutnya, kesadaran bersama untuk memangkas pohon juga bermanfaat untuk keselamatan bersama.

LEAVE A REPLY