Pemerataan Distribusi Listrik Penting

0
298
humas

Jakarta, geoenergi.co.id – Listrik akan membuka peradaban karena itu menjamin ketersediaan listrik bagi masyarakat harus menjadi prioritas nasional. Kalau tidak ada listrik, tidak ada peradaban atau peradabannya itu tumbuhnya sangat rendah, itulah salah satu pernyataan yang dilontarkan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Igansius Jonan ketika bertatap muka dengan para pegawai Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, di Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Lebih lanjut Jonan mengunkapkan bahwa merupakan salah satu pemahaman yang penting sekali, kalau tidak ada listrik itu tidak ada peradaban. Berbeda bila tidak ada minyak bumi, masih dapat menggunakan sumber energi yang lainnya seperti panel surya, mikro hidro dan sebagainya. Tetapi tidak ada listrik, tidak akan ada peradaban.

“Pengadaan listrik merupakan tanggung jawab yang besar bagi negara untuk membangun peradaban yang lebih baik untuk masyarakat,” tegas Jonan.

Jonan kembali mengingatkan bahwa membangun listrik bukan hanya masalah peningkatan rasio elektrifikasi, namun yang terpenting adalah pemerataan distribusinya. Tanpa distribusi merata, sulit mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia sesuai dengan sila ke-lima Pancasila.

Untuk lokasi-lokasi yang terpencil dan jauh dari jaringan transmisi PLN, yang terbaik adalah mengoptimalkan sumber-sumber energi lokal yang dimiliki masing-masing wilayah. Untuk wilayah Papua dengan mengoptimalkan potensi yang ada Pemerintah hingga tahun 2017 telah melistriki 14 Ibu Kota kabupaten yang belum terlistriki, mengoperasian listrik 24 jam untuk seluruh desa dan meningkatkan desa berlistrik hingga mencapai 80,8 persen.(Pam)

LEAVE A REPLY