Pertamina Mudik Bareng 2018

0
311

Jakarta, geoenergi.co.id – Hari ini, Sabtu (9/6/2018), PT Pertamina (Persero) resmi melepas 590 pemudik dengan menggunakan transportasi bus ke sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program Bareng Bareng Mudik (BBM) Pertamina 2018.

Rombongan bus mudik tersebut dilepas oleh Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis & Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, serta jajaran direksi Pertamina lainnya.

“Kegiatan yang telah 11 kali diadakan Pertamina ini menjadi bentuk nyata keinginan kami untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia agar bisa merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Selain itu, pelaksanaan program ini untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para pemudik serta mengurangi terjadinya kemacetan yang disebabkan oleh penumpukan kendaraan para pemudik,” ujar Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Ia menambahkan, tahun ini ada beberapa perbedaan dibandingkan pelaksanaan BBM pada tahun-tahun sebelumnya. “Selain jumlah peserta yang kian meningkat, daerah tujuan hingga jumlah armada yang digunakan juga bertambah. Jika tahun lalu hanya menggunakan moda transportasi bus, tahun ini Pertamina menyediakan moda transportasi lain, seperti kereta api dan kapal laut,” imbuh Nicke.

Secara keseluruhan Pertamina menyediakan 122 unit transportasi, dengan perincian 110 unit bis tujuan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta Palembang, 6 kereta api dengan lebih dari 10 kota tujuan di Jawa dan 6 kapal laut dari Makassar dengan 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Balikpapan, Lewoleba, Bima dan Bau-bau.

Peserta BBM 2018 berasal dari mitra kerja, mitra CSR, marbot masjid dan masyarakat umum . Selain itu, dalam rangka menyambut Asian Games 2018, BBM tahun ini juga mengikutsertakan komunitas olahraga, di antaranya para mantan atlit, petugas kebersihan dan keamanan gelanggang olahraga serta pengurus organisasi-organisasi olahraga.

Untuk pemberangkatan bis akan dilaksanakan menjadi 3 (tiga) pemberangkatan yaitu dari Kantor Pusat Pertamina pada tanggal 9 Juni 2018 sebanyak 590 pemudik dan dari Area Parkir Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 11 Juni 2018 dengan peserta sebanyak 4.256 pemudik serta satu bis berkapasitas 54 orang diberangkatkan bersama-sama BUMN lain dalam Program Mudik Bareng Kementerian BUMN pada tanggal 9 Juni 2018 di Ancol.

Sebelum melepas peserta rombongan BBM 2018, tak lupa Nicke berpesan kepada para pemudik agar berhati-hati selama perjalanan. “Kami ingin megingatkan kembali kepada para pemudik untuk menjaga stamina agar tiba di kampung halaman dalam keadaan sehat. Kami mewakili seluruh jajaran Pertamina mengucapkan selamat Idul Fitri 1439 H, mohon maaf lahir bathin. Semoga idul fitri tahun ini bisa membuat kita menjadi insan yang lebih baik,” pungkas Nicke.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Fajar Harry Sampurno mengapresiasi langkah Pertamina yang telah menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat. (Pam/foto: Pertamina)

LEAVE A REPLY