PGE Berhasil Uji Produksi Sumur Bukit Daun A/1

0
179
foto: PGE

Bengkulu, geoenergi.co.id – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil melakukan uji produksi sumur BDN-A/1. Sumur BDN-A/1 ini merupakan sumur eks­plorasi pertama di Proyek Bukit Daun, Propinsi Bengkulu (18/5). Uji Produksi dilaksanakan dengan menggunakan metode buka datar dan berdasarkan uji tersebut sumur BDN-A/1 diperkirakan berpotensi dapat memproduksikan sekitar 5-7 Megawatt (MW).

Proyek Bukit Daun ini terletak di Kabupaten Lebong dan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. PGE menargetkan untuk dapat mengoperasikan PLTP berkapasitas 3 x 30 MW bertahap mulai pada tahun 2021 dengan skema total project, dimulai dari sisi hulu (lapangan uap) sampai dengan sisi hilir (pembangkit). Berdasarkan evaluasi kajian survei eksplorasi, Bukit Daun mempunyai luas daerah prospek sekitar 17 km², temperatur reservoir sebesar 280°C (geotermometer gas), dan memiliki estimasi potensi sumber daya mencapai ~155 MW.

Proyek Bukit Daun merupakan proyek eksplorasi yang dimulai pada pertengahan tahun 2015, pengeboran sumur pertama BDN-A/1 ini selesai pada tanggal 22 Februari 2017. Saat ini, pengeboran sumur kedua BDN-B/1 sedang berjalan (tajak pada 2 April 2017). Sementara sumur BDN-C/1 direncanakan akan tajak pada awal Agustus 2017. Kegiatan eksplorasi Proyek Bukit Daun ini direncanakan berlangsung selama 3 tahun dan diharapkan dapat ditingkatkan menjadi proyek pengembangan untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik di Sumatera bagian Selatan.(Pam)

LEAVE A REPLY